Buku Ende, BNH (Buku Nyanyian HKBP, Suplemen Buku Ende, Lagu KOOR HKBP, Katekhimus Kecil
hkbp.lagu-gereja.com
 

View : 897 kali
Minggu, 26 Juni 2022
MINGGU II DUNG TRINITATIS
Ev. Rut 1:7-17
Ep. Lukas 9:51-62
Tutup Langgatan : Na Ratarata
Topik : SETIA MANGIHUTHON DEBATA (Pengikut Tuhan Yang Setia)

Jamita Sikkola Minggu : Mateus 4:18-20
PHD Remaja : Pilippi 1:27-30
PHD Naposobulung : Psalmen 143:1-12
PHD Ina : 1 Petrus 1:17-21
PHD Ama :  Lukas 9:51-62
PHD Lansia : Johannes 16:13

Ev. Rut 1:7-17
1:7 Jadi ruar ma nasida sian inganan paisolatanna na sai laon rap dohot parumaenna na dua halak i, asa mardalan sumuang tu tano Juda.
1:8 Dung i ninna si Naomi ma tu parumaenna na dua i: Laho ma hamu mulak ganup tu bagas ni inana be. Sai marasi ni roha ma Jahowa mamaloshon tu hamu, hombar tu na binahenmuna tu angka na mate dohot tu ahu!
1:9 Sai dibasabasahon Jahowa ma tu hamu, asa jumpangan hasonangan hamu, ganup di jabu ni sinondukna be! Dung i diumma ma nasida, laos dipangiar be suarana tumatangis.
1:10 Dung i ninna nasida ma tu simatuana i: Ingkon udur hita mulak tu bangsom.
1:11 Alai ninna si Naomi ma: Mulak ma hamu, ale angka dainang! Boasa naeng mardalan hamu rap dohot ahu? So tagamon adong be tubu anakku bahen sinondukmuna dohot.
1:12 Mulak ma hamu, ale angka dainang, ai nunga matuahu ahu anggo tung marsinonduk mangan muse. Tung sura pe hudok: Adong dope sihirimon di ahu, jala saborngin on dope ahu marsinonduk mangan, jala tubuan anak ahu.
1:13 Tung tarpaima hamu ma nasida paima magodang? Tung tarpunjung ma hamu bahenon ni, gabe sundat marsinonduk mangan? Unang ma songon i ale angka dainang, ai sumapot dope na huae sian hamu, ai ruar huhut tangan ni Jahowa marbajo i ahu.
1:14 Jadi dipangiar nasida muse suarana be, manggogo tumatangis, laos diumma si Orpa ma simatuana i, alai marsihohot ma anggo roha ni si Rut tu nasida.
1:15 Dung i ninna si Naomi ma: Ida ma, nunga mulak ia haham tu bangsona dohot tu debatana, mulak ma dohot ho mangihuthon hahami.
1:16 Alai ninna si Rut ma mangalusi: Unang sai sosoi ahu tumadingkon ho, laho sirang sian ho; ia tusi ho laho, ingkon tusi ihuthononku; ia tusi ho maringanan, ingkon tusi ahu maringanan; bangsom nama bangsongku, Debatam nama Debatangku.
1:17 Ia disi ho mate, ingkon disi ahu mate, disi do ahu huhut naeng tartanom. Sai songon i ma dibahen Jahowa tu ahu, jala songon i ditambai tu joloan on, holan hamateani nama tarbahen manirang ahu sian ho.

1:7 Maka berangkatlah ia dari tempat tinggalnya itu, bersama-sama dengan kedua menantunya. Ketika mereka sedang di jalan untuk pulang ke tanah Yehuda, 1:8 berkatalah Naomi kepada kedua menantunya itu: "Pergilah, pulanglah masing-masing ke rumah ibunya; TUHAN kiranya menunjukkan kasih-Nya kepadamu, seperti yang kamu tunjukkan kepada orang-orang yang telah mati itu dan kepadaku; 1:9 kiranya atas karunia TUHAN kamu mendapat tempat perlindungan, masing-masing di rumah suaminya." Lalu diciumnyalah mereka, tetapi mereka menangis dengan suara keras 1:10 dan berkata kepadanya: "Tidak, kami ikut dengan engkau pulang kepada bangsamu." 1:11 Tetapi Naomi berkata: "Pulanglah, anak-anakku, mengapakah kamu turut dengan aku? Bukankah tidak akan ada lagi anak laki-laki yang kulahirkan untuk dijadikan suamimu nanti? 1:12 Pulanglah, anak-anakku, pergilah, sebab sudah terlalu tua aku untuk bersuami. Seandainya pikirku: Ada harapan bagiku, dan sekalipun malam ini aku bersuami, bahkan sekalipun aku masih melahirkan anak laki-laki, 1:13 masakan kamu menanti sampai mereka dewasa? Masakan karena itu kamu harus menahan diri dan tidak bersuami? Janganlah kiranya demikian, anak-anakku, bukankah jauh lebih pahit yang aku alami dari pada kamu, sebab tangan TUHAN teracung terhadap aku?" 1:14 Menangis pula mereka dengan suara keras, lalu Orpa mencium mertuanya itu minta diri, tetapi Rut tetap berpaut padanya. 1:15 Berkatalah Naomi: "Telah pulang iparmu kepada bangsanya dan kepada para allahnya; pulanglah mengikuti iparmu itu." 1:16 Tetapi kata Rut: "Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku; 1:17 di mana engkau mati, akupun mati di sana, dan di sanalah aku dikuburkan. Beginilah kiranya TUHAN menghukum aku, bahkan lebih lagi dari pada itu, jikalau sesuatu apapun memisahkan aku dari engkau, selain dari pada maut!"

Penjelasan:
* Bebas memilih.

Ketika Naomi menyampaikan keputusannya untuk pulang ke kampung halamannya di Betlehem, ia memberi kebebasan kepada kedua menantunya, Orpa dan Rut, untuk memilih jalan hidup yang terbaik. Sekalipun Naomi mengakui bahwa Orpa dan Rut adalah juga anak-anaknya, namun ia menyadari bahwa Israel bukanlah tanah mereka. Orpa pun lalu memilih kembali ke Moab. Tetapi Rut memilih untuk ikut serta Naomi, pulang ke Betlehem.

"Bangsamulah bangsaku, Allahmulah Allahku!" Suatu ungkapan keyakinan iman yang datang dari orang yang justru tidak mengenal Allah. Darimana Rut mengenal Tuhan? Tentu bukan karena pelajaran kilat sepanjang perjalanan dengan Naomi. Rupanya, selama 10 tahun sebagai istri Mahlon, dan hidup berdampingan dengan keluarga Elimelekh, Rut menyaksikan betapa keluarga ini memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Tuhan. Kedekatan hubungan itu tercermin melalui pola kehidupan mereka setiap hari. Itu sebabnya, tanpa ragu lagi, ia menyatakan percayanya, serta memutuskan untuk mengikut Naomi.

* Rut 1:8 - Pergilah, pulanglah

Pergilah, pulanglah masing-masing ke rumah ibunya. Menurut Naomi, tidaklah bijaksana bagi kedua perempuan itu untuk pergi meninggalkan Moab, negeri kelahiran mereka. Setelah memuji kesetiaan mereka, Naomi mendesak mereka untuk tetap tinggal saja di sana.

* Rut 1:9 - Masing-masing di rumah suaminya

Masing-masing di rumah suaminya. Naomi berpikir bahwa kedua perempuan itu ingin menikah kembali. Karena mereka setia pada masa-masa yang sulit, dia berdoa agar Allah memberikan mereka kemakmuran dan berkat di dalam pernikahan mereka yang kedua.

* Rut 1:10 - Tidak, kami ikut dengan engkau pulang kepada bangsamu

Tidak, kami ikut dengan engkau pulang kepada bangsamu. Sikap mereka tersebut merupakan sebuah penghargaan terhadap kesalehan Naomi sehingga kedua menantu perempuannya bersedia pergi bersama Naomi ke Yehuda.

* Rut 1:11 - Mengapakah kamu turut dengan aku? // "Bukankah tidak akan ada lagi laki-laki yang kulahirkan?"

Mengapakah kamu turut dengan aku? Menurut prinsip pernikahan levirat, saudara berikutnya (atau, sebagaimana akan kita ketahui kemudian, kerabat) diharapkan untuk menikahi janda saudaranya yang belum mempunyai anak. Anak pertama dari pernikahan kedua itu dianggap merupakan anak dari saudara yang mati, dan anak itu harus menyandang nama keluarga dan memperoleh warisan seakan-akan langsung dari saudara yang sudah meninggal itu. Naomi bertanya, "Bukankah tidak akan ada lagi laki-laki yang kulahirkan?" Naomi menyiratkan bahwa dirinya tidak bisa mengharapkan untuk memiliki anak laki-laki lagi yang bisa menikahi kedua orang perempuan Moab itu.

* Rut 1:14 - Rut tetap berpaut padanya

Rut tetap berpaut padanya. Rut tidak bisa diubah lagi pendiriannya. Dia telah berketetapan untuk tinggal bersama Naomi apa pun risikonya, dan hasil dari pilihannya itu adalah dia menjadi nenek moyang Daud. Sekalipun watak Orpa kontras dibandingkan dengan watak Rut, tidak ada cela yang bisa ditimpakan kepadanya. Dia bertindak atas nasihat Naomi dan kembali ke Moab sehingga dengan demikian keluar dari catatan Alkitab.

* Rut 1:16 - Ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi // Allahmulah // Allahku

Ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi. Bagian ini dianggap sebagai kisah yang paling menyentuh di dunia sastra.
Rut membuang segala sesuatu yang dianggap berharga baginya di Moab dan dengan sukarela memilih untuk ikut pergi ke Yehuda dan memulai sebuah kehidupan yang baru sama sekali bersama mertuanya Naomi. Pilihan ini memiliki makna rohani maupun budaya - Allahmulah (yang akan menjadi) Allahku. Di Moab Rut pastilah diharapkan untuk menyembah Kamos (Bil. 21:29). Namun dengan pergi ke Yehuda, dia harus menyembah Allah Israel. Hal itu merupakan kesaksian kepada suaminya almarhum dan juga kepada ibu mertuanya bahwa Rut bersedia untuk menyerahkan diri kepada Allah yang mereka sembah.

* Rut 1:17 - Beginilah kiranya Tuhan menghukum aku, bahkan lebih lagi

Beginilah kiranya Tuhan menghukum aku, bahkan lebih lagi. Di dalam pernyataannya ini Rut dengan sungguh-sungguh menegaskan keinginannya untuk setia kepada Naomi sepanjang hidupnya. Kata-katanya tersebut merupakan sebuah ikrar yang serius yang bisa disadur menjadi, "Kiranya aku dihukum dengan berat jika aku tidak setia terhadap sumpahku ini "


Ep. Lukas 9:51-62
9:51 Alai di na lam donok ari hababangkitna, dipatohom ma bohina mardalan tu huta Jerusalem.
9:52 Laos disuru ma angka suruanna patujolona. Jadi laho ma nasida, dibongoti ma sada huta ni halak Samaria, paturehon parbornginanna.
9:53 Gabe ndang dijangkon nasida Ibana, ala dipatohom bohina laho tu Jerusalem.
9:54 Marnida i siseanna si Jakobus dohot si Johannes, didok ma: Tuhan, anggo olo Ho, hudokkon hami ma turun api sian ginjang mangalengsehon nasida, (songon binahen ni si Elia).
9:55 Alai humusor ma Ibana, hona hata ma nasida dibahen, (ninna ma: Ndang diboto hamu hape, manang Tondi dia di hamu?
9:56 Ai laho paluahon, ndada mangagohon tondi ni jolma Anak ni jolma i, umbahen na ro). Jala tu huta na asing nama ditopot nasida.
9:57 Uju di tongandalan nasida, ninna sahalak ma mandok Ibana: Sai ihuthononku do Ho, manang tudia pe Ho laho.
9:58 Didok Jesus ma tu ibana: Na marliang do angka antuasu, na marasar do pidong na martongatonga langit; alai anggo di Anak ni jolma i ndang adong hapeahan ni uluna.
9:59 Ia tu sahalak na asing didok: Ihuthon Ahu! Alai didok i ma: Loas ahu jolo laho mananom damang!
9:60 Alai ninna ma mandok ibana: Pasombu ma angka na mate mananom na matena; alai anggo ho, borhat ma mamaritahon harajaon ni Debata!
9:61 Sahalak na asing muse mandok: Huihuthon pe Ho, Tuhan; alai loas ahu jolo martinading hata tu angka donganku sabagas!
9:62 Alai ninna Jesus ma mandok ibana: Na manjama ninggala, huhut mamereng tu pudi, tung na so tau ma i tu harajaon ni Debata.  

Yesus dan orang Samaria
9:51 Ketika hampir genap waktunya Yesus diangkat ke sorga, Ia mengarahkan pandangan-Nya untuk pergi ke Yerusalem, 9:52 dan Ia mengirim beberapa utusan mendahului Dia. Mereka itu pergi, lalu masuk ke suatu desa orang Samaria untuk mempersiapkan segala sesuatu bagi-Nya. 9:53 Tetapi orang-orang Samaria itu tidak mau menerima Dia, karena perjalanan-Nya menuju Yerusalem. 9:54 Ketika dua murid-Nya, yaitu Yakobus dan Yohanes, melihat hal itu, mereka berkata: "Tuhan, apakah Engkau mau, supaya kami menyuruh api turun dari langit untuk membinasakan mereka?" 9:55 Akan tetapi Ia berpaling dan menegor mereka. 9:56 Lalu mereka pergi ke desa yang lain.
Hal mengikut Yesus
9:57 Ketika Yesus dan murid-murid-Nya melanjutkan perjalanan mereka, berkatalah seorang di tengah jalan kepada Yesus: "Aku akan mengikut Engkau, ke mana saja Engkau pergi." 9:58 Yesus berkata kepadanya: "Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya." 9:59 Lalu Ia berkata kepada seorang lain: "Ikutlah Aku!" Tetapi orang itu berkata: "Izinkanlah aku pergi dahulu menguburkan bapaku." 9:60 Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Biarlah orang mati menguburkan orang mati; tetapi engkau, pergilah dan beritakanlah Kerajaan Allah di mana-mana." 9:61 Dan seorang lain lagi berkata: "Aku akan mengikut Engkau, Tuhan, tetapi izinkanlah aku pamitan dahulu dengan keluargaku." 9:62 Tetapi Yesus berkata: "Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah."












Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login






NEXT:
Renungan HKBP Senin, 27 Juni 2022 - 1 Petrus 1:18-19 - Jesaya 49:1-3, 5-7 - Panguhum 10:6-16


PREV:
Renungan HKBP Sabtu, 25 Juni 2022 Haggai 1:14 Markus 2:1-12 Panguhum 8:22-28



Kostenlose Backlinks bei http://backl.pommernanzeiger.de Seitenpartner www.condor-bbs.com Rankingcloud.de - Hosting in der Cloud Suchmaschinenoptimierung Kostenloser Auto-Backlink von www.cheers2.de