Buku Ende, BNH (Buku Nyanyian HKBP, Suplemen Buku Ende, Lagu KOOR HKBP, Katekhimus Kecil
hkbp.lagu-gereja.com
 

View : 1488 kali
Minggu, 10 Juli 2022
MINGGU IV DUNG TRINITATIS
Ev. 5 Musa 30:11-14
Ep. Kolosse 1:1-14
Tutup Langgatan :  Na Ratarata
Topik : MAMARITAHON HUHUT MANGULAHON HATA NI DEBATA
(Memberitakan Dan Melakukan Firman Tuhan)

Jamita Sikkola Minggu : Poda 6:6-11
PHD Remaja : 2 Timoteus 4:2
PHD Naposobulung : Nehemia 8:1-13
PHD Ina : 1 Korint 12:4-6
PHD Ama : Psalmen 37:3-5
PHD Lansia : 1 Johannes 2:3-6
PELEAN TU ULAON HATOPAN HKBP

Deuteronomy 30:11-14
11 "For this commandment which I command you today is not too mysterious for you, nor is it far off.
12 It is not in heaven, that you should say, 'Who will ascend into heaven for us and bring it to us, that we may hear it and do it?'
13 Nor is it beyond the sea, that you should say, 'Who will go over the sea for us and bring it to us, that we may hear it and do it?'
14 But the word is very near you, in your mouth and in your heart, that you may do it.

Ev. 5 Musa 30:11-14
----------------------------------
30:11 Ai patikon, na hutonahon i tu ho sadarion, ndang masongkalhu di ho, manang maholangku.
30:12 Ndada di banua ginjang hata i, umbahen pola ingkon dohononmu: Ise ulaning singkatnami manaek tu banua ginjang, asa mangalapsa di hami dohot pabegehonsa tu hami, asa ulahononnami nian?
30:13 Jala ndada di bariba ni laut hata i, umbahen pola ingkon dohononmu: Ise ulaning singkatnami taripar laut mangalapsa di hami dohot patubegehonsa, asa ulahononnami nian?
30:14 Ai mansai donok do hata i di ho, di bagasan pamanganmu tahe dohot di bagasan roham, asa ulahononmu i.

Kehidupan atau kematian
30:11 "Sebab perintah ini, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, tidaklah terlalu sukar bagimu dan tidak pula terlalu jauh. 30:12 Tidak di langit tempatnya, sehingga engkau berkata: Siapakah yang akan naik ke langit untuk mengambilnya bagi kita dan memperdengarkannya kepada kita, supaya kita melakukannya? 30:13 Juga tidak di seberang laut tempatnya, sehingga engkau berkata: Siapakah yang akan menyeberang ke seberang laut untuk mengambilnya bagi kita dan memperdengarkannya kepada kita, supaya kita melakukannya? 30:14 Tetapi firman ini sangat dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu, untuk dilakukan.

Penjelasan:
* Ul 30:11-14
Tuhan tidak menuntut dari Israel sesuatu yang tidak dapat dipahami atau tidak dapat dicapai (ay. 11). Kewajiban Israel tidaklah tersembunyi pada sebuah ketinggian tertentu yang tidak terjangkau (ay. 12) atau di balik sebuah penghalang yang tidak bisa dilewati (ay. 13). Perhatikan pemakaian pertanyaan berbentuk kiasan yang sama oleh Rasul Paulus di Roma 10:5, 6.

* Ul 30:14 - Firman ini sangat dekat kepadamu
Firman ini sangat dekat kepadamu. Ada hal-hal rahasia, yang tidak dapat dipahami, yang merupakan milik Allah (bdg. 29a; Mzm. 131:1), tetapi yang dituntut oleh perjanjian adalah hal-hal yang dinyatakan Allah kepada umat-Nya untuk ditaati 29:29b; 6:6, 7; 11:18, 19; 31:19). Sebagaimana diakui Ayub, pengetahuan yang lengkap hanya milik Allah, namun kepada manusia Allah menganugerahkan bagian dari hikmat-Nya berupa takut akan Tuhan yang merupakan jalan perjanjian (Ayb. 28, khususnya ay. 28).

* Keuntungan-keuntungan Wahyu (30:11-14)

Musa di sini mendesak mereka untuk patuh, karena perintah-Nya itu sangat jelas dan mudah.
I. Hal ini benar adanya dengan hukum Musa. Mereka tidak akan bisa mencari-cari alasan atas ketidaktaatan mereka dengan berkata bahwa Allah telah memerintahkan kepada mereka apa yang tidak dapat dipahami atau tidak dapat dilakukan, yang mustahil untuk diketahui atau dikerjakan (ay. 11): Itu tidaklah terlalu sukar bagimu (KJV: Itu tidak tersembunyi darimu). Yaitu,

1. Engkau tidak perlu mengirimkan utusan-utusan ke sorga (ay. 12), untuk mencari tahu apa yang harus engkau lakukan untuk menyenangkan Allah. Engkau juga tidak perlu menyeberang ke seberang laut (ay. 13), seperti yang dilakukan para filsuf, yang melakukan perjalanan melewati banyak daerah yang jauh untuk mengejar ilmu. Tidak, engkau tidak harus bersusah payah seperti itu. Tidak pula perintah itu hanya terjangkau oleh orang-orang yang mempunyai banyak harta atau yang berbudi halus, tetapi perintah itu sangat dekat kepadamu (ay. 14). Perintah itu tertulis dalam kitab-kitabmu, terukir pada loh-loh, supaya orang yang sambil lalu dapat membacanya. Bibir imam-imammu memelihara pengetahuan ini, dan, ketika timbul suatu kesulitan, engkau dapat mencari pengajaran dari mulut mereka (Mal. 2:7). Perintah itu tidak disampaikan dalam sebuah bahasa yang asing, tetapi ada dalam mulutmu. Yaitu, dalam bahasa sehari-hari yang biasa engkau gunakan, yang di dalamnya engkau dapat mendengarnya dibacakan, dan dapat berbicara tentangnya dengan lancar di antara anak-anakmu. Perintah itu tidak dibungkus dalam berbagai ungkapan dan lambang yang samar-samar untuk membingungkan dan menghiburmu, atau dalam tulisan-tulisan bergambar, tetapi ada dalam hatimu. Sebaliknya, perintah itu disampaikan dengan cara yang begitu rupa hingga disesuaikan dengan kemampuanmu, bahkan dengan kemampuan orang yang paling hina.”

2. “Perintah itu tidak terlalu sulit atau berat untukmu,” demikianlah terjemahan Septuaginta membacanya (ay. 11). Engkau tidak perlu berkata, “Berusaha melakukan semua yang dikatakan oleh hukum ini sama saja dengan berusaha memanjat ke langit, atau terbang di atas sayap fajar ke ujung laut.” Tidak, perkaranya tidak seperti itu. Itu bukanlah kuk yang tidak dapat ditanggung seperti yang digambarkan oleh sebagian orang yang berprasangka buruk. Perintah itu memang merupakan kuk yang berat dibandingkan dengan perintah Kristus (Kis. 15:10), tetapi tidak jika dibandingkan dengan ibadah-ibadah penyembahan berhala dari bangsa-bangsa sekitar. Allah membela diri-Nya di depan mereka bahwa Ia tidak memberati mereka dengan menuntut korban sajian, atau menyusahi mereka dengan menuntut kemenyan (Yes. 43:23; Mi. 6:3). Sebaliknya, Ia terutama berbicara tentang hukum perilaku baik dan buruk, dan perintah-perintahnya: “Hukum itu sangat dekat denganmu, sesuai dengan hukum alam, yang pasti akan ditemukan dalam hati setiap orang, dan dalam mulut setiap orang, jika saja ia mau merenungkannya. Dalam dirimu ada sesuatu yang menyetujui, bahwa hukum Taurat itu baik (Rm. 7:16). Oleh sebab itu, engkau tidak mempunyai alasan untuk mengeluhkan adanya kesulitan yang tidak dapat diatasi dalam menjalankannya.”

II. Kejelasan dan mudahnya perintah Allah itu benar adanya untuk Injil Kristus, seperti yang dijelaskan oleh rasul Paulus, yang menyebut Injil sebagai bahasa kebenaran karena iman (Rm. 10:6-8). Dan banyak penafsir berpendapat bahwa inilah yang terutama dimaksudkan oleh Musa di sini. Sebab ia telah menulis tentang Kristus (Yoh. 5:46). Inilah perintah Allah sekarang di bawah Injil, yaitu supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus, Anak-Nya (1Yoh. 3:23). Jika kita bertanya, seperti si orang buta, siapakah Dia, Tuhan? atau di manakah Dia?, supaya kita percaya kepada-Nya? (Yoh. 9:36), maka nas Kitab Suci ini memberikan sebuah jawaban. Kita tidak perlu pergi ke sorga, untuk menjemput-Nya di sana, sebab Ia telah turun dari sana dalam penjelmaan-Nya. Kita juga tidak perlu pergi ke bawah bumi, untuk menjemput-Nya di sana, sebab dari sana Ia telah naik dalam kebangkitan-Nya. Tetapi firman itu, dan Kristus di dalam firman itu, dekat dengan kita. Dengan begitu, jika kita percaya sepenuh hati bahwa janji-janji tentang penjelmaan dan kebangkitan Mesias digenapi dalam Yesus Tuhan kita, dan menerima-Nya seperti yang seharusnya, dan mengakui-Nya dengan mulut kita, maka kita memiliki Kristus bersama kita, dan kita akan diselamatkan. Dia yang membenarkan kita adalah dekat, sangat dekat. Hukum Taurat itu jelas dan mudah, tetapi Injil jauh lebih jelas dan mudah.



Ep. Kolosse 1:1-14
----------------------------------
1:1 Ahu surat ni si Paulus, apostel ni Kristus Jesus, sian lomo ni roha ni Debata, dohot Timoteus, dongan i,
1:2 mandapothon angka na badia na di Kolosse, angka dongan na porsea, na di bagasan Kristus: Asi ni roha ma di hamu dohot dame sian Debata, Amanta i!
1:3 Mandok mauliate do hami, laho tumangiangkon hamu tongtong tu Debata, Ama ni Tuhanta Jesus Kristus.
1:4 Ai hubege hami do barita ni haporseaonmuna di Kristus Jesus, nang holong ni rohamuna mida saluhut na badia,
1:5 ala ni sihirimon i, naung diparade di hamu di banua ginjang i; nunga dibege hamu hian i marhitehite hata hasintongan i, i ma barita na uli i.
1:6 I ma naung sahat, nang tu hamu, nang tu liat portibi on; na marparbue do i jala lam ganda, suang songon na di hamu, olat ni dung dibege jala ditanda hamu asi ni roha ni Debata di bagasan hasintongan.
1:7 Songon i do diguruhon hamu sian si Epapras, dongan saulaon i, na hinaholongan; ai parhalado ni Kristus na haposan do ibana humongkop hamu.
1:8 Laos ibana do pajojorhon tu hami holong ni rohamuna di bagasan tondi.
1:9 Dibahen i, dung hubege hami i, ndang mansohot nang hami tumangiangkon hamu, jala mangido, asa digohi di hamu pantas ni roha, mananda lomo ni rohana, marhitehite nasa hapistaran dohot habisuhon partondion,
1:10 asa marparange na tama di Tuhan i hamu, gabe halomoan situtu jala marparbuehon nasa ulaon na denggan;
1:11 laos ganda di hamu panandaon di Debata, gabe margogo situtu hamu hombar tu gogo ni hasangaponna i, mangkorhon nasa habengeton dohot lambas ni roha, mardongan las ni roha.
1:12 Mandok mauliate ma hamu di Ama i, naung patauhon hamu, manjalo tohap na di bagasan hatiuron i, siteanon ni angka na badia i!
1:13 Ai nunga diroro hita sian gomgoman haholomon i, jala dipaunsat hita tubagasan harajaon ni Anak, haholongan ni rohana.
1:14 Di bagasan Ibana do adong di hita haluaon i, i ma hasesaan ni angka dosa.

Salam
1:1 Dari Paulus, rasul Kristus Yesus, oleh kehendak Allah, dan Timotius saudara kita, 1:2 kepada saudara-saudara yang kudus dan yang percaya dalam Kristus di Kolose. Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, menyertai kamu. Ucapan syukur dan doa 1:3 Kami selalu mengucap syukur kepada Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, setiap kali kami berdoa untuk kamu, 1:4 karena kami telah mendengar tentang imanmu dalam Kristus Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus, 1:5 oleh karena pengharapan, yang disediakan bagi kamu di sorga. Tentang pengharapan itu telah lebih dahulu kamu dengar dalam firman kebenaran, yaitu Injil, 1:6 yang sudah sampai kepada kamu. Injil itu berbuah dan berkembang di seluruh dunia, demikian juga di antara kamu sejak waktu kamu mendengarnya dan mengenal kasih karunia Allah dengan sebenarnya. 1:7 Semuanya itu telah kamu ketahui dari Epafras, kawan pelayan yang kami kasihi, yang bagi kamu adalah pelayan Kristus yang setia. 1:8 Dialah juga yang telah menyatakan kepada kami kasihmu dalam Roh. 1:9 Sebab itu sejak waktu kami mendengarnya, kami tiada berhenti-henti berdoa untuk kamu. Kami meminta, supaya kamu menerima segala hikmat dan pengertian yang benar, untuk mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna, 1:10 sehingga hidupmu layak di hadapan-Nya serta berkenan kepada-Nya dalam segala hal, dan kamu memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah, 1:11 dan dikuatkan dengan segala kekuatan oleh kuasa kemuliaan-Nya untuk menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar, 1:12 dan mengucap syukur dengan sukacita kepada Bapa, yang melayakkan kamu untuk mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang kudus di dalam kerajaan terang. 1:13 Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih; 1:14 di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa.













Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login






NEXT:
Renungan HKBP Senin, 11 Juli 2022 - 1 Petrus 1:17 - Lukas 9:57-62 - 1 Samuel 15:1-31


PREV:
Renungan HKBP Sabtu, 9 Juli 2022 - Psalmen 107:31 - 1 Petrus 3:8-15a - 1 Samuel 10:17-27



Kostenlose Backlinks bei http://backl.pommernanzeiger.de Seitenpartner www.condor-bbs.com Rankingcloud.de - Hosting in der Cloud Suchmaschinenoptimierung Kostenloser Auto-Backlink von www.cheers2.de