Buku Ende, BNH (Buku Nyanyian HKBP, Suplemen Buku Ende, Lagu KOOR HKBP, Katekhimus Kecil
hkbp.lagu-gereja.com
 

View : 1490 kali
Minggu, 20 Nopember 2022
MINGGU UJUNG TAON PARHURIAON
(PARNINGOTAN DI ANGKA NAUNG MONDING)
Ev. 1 Korint 15:50-58
Ep. Parjamita 8:9-17
Tutup Langgatan : Na Ratarata
Topik:
DIPAMONANG DEBATA HITA MARHITE JESUS KRISTUS
(ALLAH MEMBERIKAN KITA KEMENANGAN OLEH YESUS KRISTUS)
Jamita Sikkola Minggu : Johannes 11:38-44
PHD Remaja :  Psalmen 65:7-8
PHD Naposobulung : Mateus 24:1-13
PHD Ina : Daniel 12:1-3
PHD Ama : Kolosse 3:1-4
PHD Lansia : Pilippi 1:12-19

Ev. 1 Korint 15:50-58
15:50 On do na hudok disi, ale angka dongan: Ndang tarbahen sibuk dohot mudar manean harajaon ni Debata, jala ndang tartean na olo busuk i hatongtongon i.
15:51 Hahomion do na hudok on tu hamu: Ndang na saluhut hita monding; alai saluhut do hita paubaonna.
15:52 Tompu, di bagasan sanghidopmata, di pangkuling ni sarune na parpudi i; ai mangkuling ma sarune, gabe hehe ma angka naung mate i tu hatongtongon, laos paubaonna ma anggo hita.
15:53 Ai ingkon hatongtongon do manoluk na olo busuk on, jala hangongolu na manongtong do manoluk na olo mate on.
15:54 Alai dung disoluk hatongtongon i na olo busuk on, jala disoluk hangongolu na manongtong i na olo mate on, disi ma jumpang hata na tarsurat i: "Nunga tarbondut hamatean; nunga soluk hamonangan!"
15:55 "Jo hamatean, didia hamonanganmi? Jo hamatean, didia soropmi?"
15:56 Alai dosa do sorop ni hamatean, jala patik i do gogo ni dosa i.
15:57 Alai mauliate ma di Debata, na pamonang hita marhitehite Tuhanta Jesus Kristus!
15:58 Onpe, hamu angka donganku na hinaholongan, marsihohot jala so mubauba ma hamu, jala lam sumurung ma tongtong di bagasan ulaon ni Tuhan i, ai diboto hamu do: Ndang magopo halojaonmuna di bagasan Tuhan i.  

15:50 Saudara-saudara, inilah yang hendak kukatakan kepadamu, yaitu bahwa daging dan darah tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah dan bahwa yang binasa tidak mendapat bagian dalam apa yang tidak binasa. 15:51 Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, 15:52 dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah. 15:53 Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati. 15:54 Dan sesudah yang dapat binasa ini mengenakan yang tidak dapat binasa dan yang dapat mati ini mengenakan yang tidak dapat mati, maka akan genaplah firman Tuhan yang tertulis: "Maut telah ditelan dalam kemenangan. 15:55 Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?" 15:56 Sengat maut ialah dosa dan kuasa dosa ialah hukum Taurat. 15:57 Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita. 15:58 Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.  

Penjelasan:
* 1Kor 15:50 - daging dan darah tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah
Pertanyaan berikutnya yang harus dijawab oleh Paulus merupakan pertanyaan yang secara otomatis menyusul: Apakah yang terjadi dengan orang-orang yang tidak mati? Dengan cara bagaimanakah mereka dapat ikut mengalami kebangkitan tubuh? Prinsipnya adalah bahwa harus ada pengubahan, sebab daging dan darah tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

* 1Kor 15:51 - Rahasia // akan mati, // semuanya akan diubah, // semuanya
Rahasia (bdg. 2:7). Tidak semua orang percaya akan mati, tetapi semuanya akan diubah, maksudnya: tubuh mereka akan diubah. Kata semuanya di dalam anak kalimat terakhir meniadakan doktrin tentang pengangkatan sebagian orang percaya.

* 1Kor 15:52 - Dalam sekejap mata // nafiri yang terakhir
Dalam sekejap mata. Dari kata Yunani atmos, "hal yang tidak dapat dibagi lagi, yang darinya muncul kata atom. Ungkapan ini menekankan mendadaknya dan cepatnya perubahan tersebut. Dibunyikannya nafiri yang terakhir menunjuk kepada waktunya (bdg. I Tes. 4:16).

* 1Kor 15:53 - yang dapat binasa // yang tidak dapat binasa
Orang yang mati dan yang hidup menjadi perhatian penulis di sini. yang dapat binasa mengacu kepada mereka yang dapat mati, sedangkan yang tidak dapat binasa mengacu kepada mereka yang tidak dapat mati.

* 1Kor 15:54 - firman Tuhan yang tertulis, Maut telah ditelan dalam kemenangan"
Perubahan yang mulia pada saat kebangkitan ini akan menggenapi firman Tuhan yang tertulis, Maut telah ditelan dalam kemenangan" (suatu penggunaan bebas dari terjemahan Theodotion atas Yes. 25:8). Penggenapan dari Kejadian 3:15 telah tercapai.

* 1Kor 15:55
Dari kegembiraan atas kemenangan kebangkitan, Paulus mencela maut. (Paulus tidak pernah memakai kata dunia orang mati; bdg. Hos. 13:14).

* 1Kor 15:56 - maut, dosa // hukum Taurat, // sengat // Sengat maut adalah dosa // hukum Taurat
Sebuah pernyataan singkat dan pendek tentang kaitan antara maut, dosa dan hukum Taurat, yang dipicu oleh pemikiran bahwa sengat maut telah dimusnahkan. Sengat maut adalah dosa sebab melalui dosalah maut memperoleh kekuasaannya atas manusia. dan melalui hukum Taurat dosa memperoleh kuasanya. Hukum Taurat memberikan kepada dosa sifat memberontak dan suka menentang secara sadar (bdg. Rm. 4:15; 7:7-13). Jadi Hukum Taurat menimbulkan dosa yang menuntun kepada maut. Kristus, melalui kematian-Nya, mengalahkan dosa, sehingga orang percaya dapat menyanyi. "Kematian-Nya mengalahkan maut."

* 1Kor 15:57 - memberikan kepada kita kemenangan // Yesus Kristus
Sang rasul memimpin pengucapan syukur umat tertebus kepada Allah yang telah bertindak dan dengan kasih karunia-Nya telah memberikan kepada kita kemenangan. Oleh Yesus Kristus menunjuk kepada keterlibatan ilahi, karya Kristus; dan ungkapan ini merupakan rangkuman singkat dari apa yang dikemukakan di dalam 3-5, 20-22. Kata-kata yang mengakhiri bagian kebangkitan ini sesuai dengan perkataan Paulus di surat yang lain - "Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan" (I Tes. 4:17).

* Himbauan Penutup (15:58).
Karena itu mengawali bagian penutup. Sebagaimana dikemukakan Robertson dan Plummer, "Hendaknya terdapat lebih banyak kerja dan sedikit saja spekulasi (ICC, hlm. 379).


Ep. Parjamita 8:9-17
8:9 Luhutna i nunga huida uju diranapi rohangku saluhut pambahenan, angka na masa di hasiangan on, uju sada jolma mangarajai donganna jolma mambahen ibana marhinamago.
8:10 Angkup ni, nunga huida tipak tartanom halak parjahat; hape anggo halak na mangulahon na denggan, angka na ro sian inganan na badia, dihalupahon donganna sahuta do i. Ipe hata oto do i.
8:11 Ala so tibu manginona pambahenan angka na jahat i, dibahen i gok roha ni jolma manisia di bagasan mangulahon hajahaton.
8:12 Alai tung sura pe ratus hali halak pardosa mangulahon hajahaton, pola sanga sarimatua ibana, tangkas do huboto: Martua sogot halak na mangkabiari Debata, angka na marparange di jolona.
8:13 Alai ndang tagamon sonang anggo halak parjahat i, jala ndang tagamon paganjangonna ariarina; alai songon halinu do ibana, ala so marhabiaran tu Debata.
8:14 Adong dope sadanari halongangan masa di atas tano on: Adong halak partigor, hira pambahenan ni halak parjahat niulana, parsorionna timbangon; jala adong halak parjahat, hira pambahenan ni halak partigor niulana, parsorionna timbangon. Nunga pola hudok halongangan do i.
8:15 Dibahen i hupapujipuji las ni roha, ala na so adong na dumenggan di jolma i saleleng di hasiangan on, ia so na mangan minum dohot marlas ni roha; i do na tinggal di ibana sian ulaonna saleleng ariari ni ngoluna, angka na nilehon ni Debata tu ibana di hasiangan on.
8:16 Dung i diringkoti rohangku muse naeng mananda hapistaran dohot manangkasi hinamago na masa di atas tano on, pola tung balisaon mata ni jolma borngin dohot arian, ndang tarpodom.
8:17 Jadi tangkas ma huida sandok jadijadian ni Debata, na so tardodo jolma i pambahenanna angka na masa di hasiangan on. Nang pe maradu ngalutan roha ni jolma i mandiori, ndang tagamon jumpangsa; tung sura pe ninna roha ni halak na pistar leak botoonna do i, ndang tagamon jumpangsa.  

Pekerjaan Allah tidak dapat diselami manusia
8:9 Semua ini telah kulihat dan aku memberi perhatian kepada segala perbuatan yang dilakukan di bawah matahari, ketika orang yang satu menguasai orang yang lain hingga ia celaka. 8:10 Aku melihat juga orang-orang fasik yang akan dikuburkan boleh masuk, sedangkan orang yang berlaku benar harus pergi dari tempat yang kudus dan dilupakan dalam kota. Inipun sia-sia. 8:11 Oleh karena hukuman terhadap perbuatan jahat tidak segera dilaksanakan, maka hati manusia penuh niat untuk berbuat jahat. 8:12 Walaupun orang yang berdosa dan yang berbuat jahat seratus kali hidup lama, namun aku tahu, bahwa orang yang takut akan Allah akan beroleh kebahagiaan, sebab mereka takut terhadap hadirat-Nya. 8:13 Tetapi orang yang fasik tidak akan beroleh kebahagiaan dan seperti bayang-bayang ia tidak akan panjang umur, karena ia tidak takut terhadap hadirat Allah. 8:14 Ada suatu kesia-siaan yang terjadi di atas bumi: ada orang-orang benar, yang menerima ganjaran yang layak untuk perbuatan orang fasik, dan ada orang-orang fasik yang menerima pahala yang layak untuk perbuatan orang benar. Aku berkata: "Inipun sia-sia!" 8:15 Oleh sebab itu aku memuji kesukaan, karena tak ada kebahagiaan lain bagi manusia di bawah matahari, kecuali makan dan minum dan bersukaria. Itu yang menyertainya di dalam jerih payahnya seumur hidupnya yang diberikan Allah kepadanya di bawah matahari. 8:16 Ketika aku memberi perhatianku untuk memahami hikmat dan melihat kegiatan yang dilakukan orang di dunia tanpa mengantuk siang malam, 8:17 maka nyatalah kepadaku, bahwa manusia tidak dapat menyelami segala pekerjaan Allah, yang dilakukan-Nya di bawah matahari. Bagaimanapun juga manusia berlelah-lelah mencarinya, ia tidak akan menyelaminya. Walaupun orang yang berhikmat mengatakan, bahwa ia mengetahuinya, namun ia tidak dapat menyelaminya. 











Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login






NEXT:
Renungan HKBP Minggu, 27 Nopember 2022 - RAJA NI HADAMEON NANAENG RO I (RAJA DAMAI YANG AKAN DATANG) - Ev. Jesaya 11:1-10 - Ep. Mateus 3:1-12 -


PREV:
Renungan HKBP Senin, 14 Nopember 2022 - 2 Timoteus 2:13 - 1 Korint 10:14-22 - Daniel 8:15-27



Kostenlose Backlinks bei http://backl.pommernanzeiger.de Seitenpartner www.condor-bbs.com Rankingcloud.de - Hosting in der Cloud Suchmaschinenoptimierung Kostenloser Auto-Backlink von www.cheers2.de