Buku Ende, BNH (Buku Nyanyian HKBP, Suplemen Buku Ende, Lagu KOOR HKBP, Katekhimus Kecil
hkbp.lagu-gereja.com
 

View : 747 kali
Minggu, 27 Nopember 2022
Ev. Jesaya 11:1-10
Ep. Mateus 3:1-12
Tutup Langgatan : Na Violet
Topik: RAJA NI HADAMEON NANAENG RO I (RAJA DAMAI YANG AKAN DATANG)
Jamita Sikkola Minggu : Jesaya 9:5
PHD Remja: Sakaria 9:9-10
PHD Naposobulung : Psalmen 119:166-176
PHD Ina: Lukas 12:35-40
PHD Ama : Jesaya 35:1-5
PHD Lansia : Jeremia 17:7-8
PELEAN TU ULAON KOMITE HIV/AIDS HKBP

Baca Juga:

Ev. Jesaya 11:1-10
Raja Damai yang akan datang
11:1 Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah. 11:2 Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN; 11:3 ya, kesenangannya ialah takut akan TUHAN. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang. 11:4 Tetapi ia akan menghakimi orang-orang lemah dengan keadilan, dan akan menjatuhkan keputusan terhadap orang-orang yang tertindas di negeri dengan kejujuran; ia akan menghajar bumi dengan perkataannya seperti dengan tongkat, dan dengan nafas mulutnya ia akan membunuh orang fasik. 11:5 Ia tidak akan menyimpang dari kebenaran dan kesetiaan, seperti ikat pinggang tetap terikat pada pinggang. 11:6 Serigala akan tinggal bersama domba dan macan tutul akan berbaring di samping kambing. Anak lembu dan anak singa akan makan rumput bersama-sama, dan seorang anak kecil akan menggiringnya. 11:7 Lembu dan beruang akan sama-sama makan rumput dan anaknya akan sama-sama berbaring, sedang singa akan makan jerami seperti lembu. 11:8 Anak yang menyusu akan bermain-main dekat liang ular tedung dan anak yang cerai susu akan mengulurkan tangannya ke sarang ular beludak. 11:9 Tidak ada yang akan berbuat jahat atau yang berlaku busuk di seluruh gunung-Ku yang kudus, sebab seluruh bumi penuh dengan pengenalan akan TUHAN, seperti air laut yang menutupi dasarnya. 11:10 Maka pada waktu itu taruk dari pangkal Isai akan berdiri sebagai panji-panji bagi bangsa-bangsa; dia akan dicari oleh suku-suku bangsa dan tempat kediamannya akan menjadi mulia.

Raja Damai yang akan datang
11:1 Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah. 11:2 Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN; 11:3 ya, kesenangannya ialah takut akan TUHAN. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang. 11:4 Tetapi ia akan menghakimi orang-orang lemah dengan keadilan, dan akan menjatuhkan keputusan terhadap orang-orang yang tertindas di negeri dengan kejujuran; ia akan menghajar bumi dengan perkataannya seperti dengan tongkat, dan dengan nafas mulutnya ia akan membunuh orang fasik. 11:5 Ia tidak akan menyimpang dari kebenaran dan kesetiaan, seperti ikat pinggang tetap terikat pada pinggang. 11:6 Serigala akan tinggal bersama domba dan macan tutul akan berbaring di samping kambing. Anak lembu dan anak singa akan makan rumput bersama-sama, dan seorang anak kecil akan menggiringnya. 11:7 Lembu dan beruang akan sama-sama makan rumput dan anaknya akan sama-sama berbaring, sedang singa akan makan jerami seperti lembu. 11:8 Anak yang menyusu akan bermain-main dekat liang ular tedung dan anak yang cerai susu akan mengulurkan tangannya ke sarang ular beludak. 11:9 Tidak ada yang akan berbuat jahat atau yang berlaku busuk di seluruh gunung-Ku yang kudus, sebab seluruh bumi penuh dengan pengenalan akan TUHAN, seperti air laut yang menutupi dasarnya. 11:10 Maka pada waktu itu taruk dari pangkal Isai akan berdiri sebagai panji-panji bagi bangsa-bangsa; dia akan dicari oleh suku-suku bangsa dan tempat kediamannya akan menjadi mulia. Sisa-sisa Israel akan kembali

Penjelasan:
* Yes 11:1-2
Di sini Allah menyatakan bahwa Mesias (yang akan mendirikan kerajaan yang benar dan saleh, sebagai lawan dari Asyur) adalah keturunan yang dijanjikan dari keluarga Daud. Sesudah pohon Daud dipotong dan hanya tunggulnya yang tertinggal, nĔser atau Taruk (sebuah gelar penting dari Juruselamat) akan tumbuh. Secara adikodrati Dia akan diberi tujuh anugerah dari Roh Kudus Allah. Karenanya, dia akan menjalankan pemerintahan yang benar-benar adil, sebab tidak akan ada penggugat atau pemohon yang cerdik yang akan dapat mendustai Dia dengan bukti palsu (ay. 3). Selanjutnya, dia akan membela hak-hak orang lemah dan orang miskin (khususnya orang lemah lembut yang ditindas karena kesetiaan mereka kepada Allah) terhadap orang-orang kaya dan berpengaruh. Seperti ikat pinggang, menyatukan seluruh busana pemakainya pada tempat yang tepat, demikian juga standar kesucian Allah akan merupakan kekuatan pemersatu dan tetap dalam pemerintahan Mesias (ay. 5).

* Yes 11:6-9 - anak kecil // anak yang menyusui
Keadaan dalam kerajaan Kristus akan penuh keharmonisan dan damai, didasarkan pada agama yang benar. Gambaran tentang binatang-binatang perusak ganas yang hidup berdampingan secara damai dengan binatang-binatang kecil dan lemah melambangkan telah berlalunya semua permusuhan dan ketakutan yang lazim di antara manusia. (Penyebutan anak kecil pada ayat 6 dan anak yang menyusui pada ayat 8 jelas menutup kemungkinan orang untuk menafsirkan binatang-binatang buas itu sebagai macam-macam tipe manusia).

* Yes 11:9
Dasar bagi adanya keharmonisan seperti di Eden ini ialah pengenalan yang lengkap serta memadai mengenai Allah yang akan dimiliki semua manusia pada waktu itu, dan yang akan dicerminkan oleh makhluk ciptaan yang kasar sekalipun (bdg. Rm. 8:21).

* Yes 11:10-16 - kedua
Kerajaan Kristus akan didahului oleh suatu pemulihan kedua (ay. 11) bagi orang Yahudi (ini jelas tidak cocok dengan keterangan tentang kembali di bawah pimpinan Zerubabel pada tahun 537 SM, melainkan menunjukkan suatu pemulihan secara nasional dengan jumlah yang dapat disamakan). Saat itu bangsa yang terserak ini akan datang dari semua arah geografis: timur - Asyur, Elam, Sinear; barat - pulau-pulau di laut; utara - Hamat; dan selatan - Mesir, Patros atau Mesir Hulu, dan Tanah Kusy atau Etiopia. Kawasan-kawasan seperti itu tidak termasuk dalam pemulihan pada tahun 537 SM. Bukan hanya bangsa Yahudi, tetapi bangsa-bangsa lain (gôyîm) juga akan berkumpul di sekeliling panji-panji salib (ay. 12), untuk membentuk Jemaat yang terdiri dari bangsa Yahudi dan bangsa-bangsa lain bahkan pada hari-hari akhir. Selanjutnya, pada hari itu tidak akan ada lagi perpecahan antara suku-suku di utara dan di selatan, tetapi bangsa Israel yang menjadi orang Kristen merupakan bangsa yang harmonis. Selain itu, umat Allah akan menang terhadap semua bangsa yang belum bertobat di sekeliling mereka (seperti Filistin, Edom, dan, Moab mengelilingi Israel pada zaman kuno). Ketika Raja Damai itu memerintah atas mereka semua, maka penghalang-penghalang alamiah, Efrat dan Nil akan disingkirkan, dan komunikasi antara semua daerah yang semula bermusuhan ini akan menjadi mudah dan tidak terhalangi.


Ep. Mateus 3:1-12
Yohanes Pembaptis
3:1 Pada waktu itu tampillah Yohanes Pembaptis di padang gurun Yudea dan memberitakan: 3:2 "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!"
3:3 Sesungguhnya dialah yang dimaksudkan nabi Yesaya ketika ia berkata: "Ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya." 3:4 Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan. 3:5 Maka datanglah kepadanya penduduk dari Yerusalem, dari seluruh Yudea dan dari seluruh daerah sekitar Yordan. 3:6 Lalu sambil mengaku dosanya mereka dibaptis oleh Yohanes di sungai Yordan. 3:7 Tetapi waktu ia melihat banyak orang Farisi dan orang Saduki datang untuk dibaptis, berkatalah ia kepada mereka: "Hai kamu keturunan ular beludak. Siapakah yang mengatakan kepada kamu, bahwa kamu dapat melarikan diri dari murka yang akan datang? 3:8 Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan. 3:9 Dan janganlah mengira, bahwa kamu dapat berkata dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini! 3:10 Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. 3:11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api. 3:12 Alat penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan."

Yohanes Pembaptis
3:1 Pada waktu itu tampillah Yohanes Pembaptis di padang gurun Yudea dan memberitakan: 3:2 "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!"
3:3 Sesungguhnya dialah yang dimaksudkan nabi Yesaya ketika ia berkata: "Ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya." 3:4 Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan. 3:5 Maka datanglah kepadanya penduduk dari Yerusalem, dari seluruh Yudea dan dari seluruh daerah sekitar Yordan. 3:6 Lalu sambil mengaku dosanya mereka dibaptis oleh Yohanes di sungai Yordan. 3:7 Tetapi waktu ia melihat banyak orang Farisi dan orang Saduki datang untuk dibaptis, berkatalah ia kepada mereka: "Hai kamu keturunan ular beludak. Siapakah yang mengatakan kepada kamu, bahwa kamu dapat melarikan diri dari murka yang akan datang? 3:8 Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan. 3:9 Dan janganlah mengira, bahwa kamu dapat berkata dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini! 3:10 Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. 3:11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api. 3:12 Alat penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan."











Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login






NEXT:
Renungan HKBP Minggu, 4 Desember 2022 - MARHABADIAON MANOMU ARI NI KRISTUS (HIDUP SUCI DALAM PENANTIAN HARI KRISTUS) - Ev. Pilippi 1:3-11 (Penjelasan) - Ep. Psalmen 24:1-10


PREV:
Renungan HKBP Minggu, 20 Nopember 2022 - DIPAMONANG DEBATA HITA MARHITE JESUS KRISTUS (ALLAH MEMBERIKAN KITA KEMENANGAN OLEH YESUS KRISTUS) - Ev. 1 Korint 15:50-58 (Penjelasan) - Ep. Parjamita 8:9-17 - MINGGU UJUNG TAON PARHURIAON



Kostenlose Backlinks bei http://backl.pommernanzeiger.de Seitenpartner www.condor-bbs.com Rankingcloud.de - Hosting in der Cloud Suchmaschinenoptimierung Kostenloser Auto-Backlink von www.cheers2.de