Almanak HKBP 2021, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Suplemen Buku Ende, Lagu KOOR HKBP, Contoh Tata Ibadah HKBP 2021
hkbp.lagu-gereja.com
Menu Alkitab 3 Bahasa
  
Contoh pencarian Matius 5:1
View : 12267 kali

Download MP3 Music
Bab V

Sakramen Perjamuan Kudus

Apakah Perjamuan Kudus itu?
Perjamuan Kudus adalah daging dan darah yang sebenarnya dari Tuhan kita Yesus Kristus melalui roti dan anggur yang diberikan bagi orang Kristen, sesuai dengan penetapan Yesus Kristus sendiri.

Di manakah tertulis pesan yang demikian?
Para Pekabar Injil Matius, Markus, Lukas dan Paulus menuliskan: "Pada malam Tuhan Yesus Kristus dihianati, diambilNya roti dan setelah Ia mengucapkan syukur lalu dipecah-pecahkanNya roti itu serta memberikan kepada murid-muridNya dan berkata: 'Terimalah, makanlah, inilah tubuhKu yang diserahkan karena engkau; perbuatlah demikian untuk mengingat Aku'. Sesudah makan, diangkatNya piala minuman dan setelah Ia mengucapkan syukur, lalu diberikanNya kepada mereka sambil berkata: 'Minumlah kamu sekalian dari piala ini, karena inilah darahKu, yaitu darah Perjanjian baru yang ditumpahkan karena engkau, untuk keampunan dosa. Perbuatlah demikian, setiap engkau meminumnya untuk mengingat Aku".

Apakah keuntungan memakan dan meminum itu?
Keuntungannya telah jelas dinyatakan dalam Firman ini: "Yang diserahkan dan ditumpahkan karena engkau untuk keampunan dosa". Disebut bahwa di dalam sakramen itu keampunan dosa, kehidupan dan keselamatan diberikan kepada kita melalui FirmanNya. Karena di mana ada pengampunan dosa, di situ ada kehidupan dan keselamatan.

Bagaimanakah mungkin hanya dengan memakan daging dan meminum darah memberi keuntungan yang begitu besar?
Sesungguhnya bukan karena memakan dan meminum itu memberikan kemungkinan, tetapi Firman itu yang mengatakan demikian: "Yang diserahkan dan ditumpahkan karena engkau untuk keampunan dosa". Firman inilah yang terutama dalam sakramen tersebut, di samping memakan roti dan meminum anggur. Dan barangsiapa yang mempercayai Firman tersebut memperoleh apa yang dinyatakan Firman itu, yaitu keampunan dosa.

Siapakah yang layak menerima Perjamuan Kudus itu?
Sesungguhnya berpuasa dan melatih diri adalah suatu kebiasaan yang baik. Tetapi yang sebenarnya layak dan dengan persiapan yang baik, adalah orang yang mempercayai Firman ini: "Yang diserahkan dan ditumpahkan KARENA ENGKAU untuk keampunan dosa". Tetapi barangsiapa yang tidak percaya atau bimbang akan Firman itu, dialah yang tidak bersedia dan layak. Sebab Firman itu berkata: "Karena engkau", membutuhkan kepercayaan yang sebulat-bulatnya.



Bindu Palimahon

Marulaon Na Badia

Dia do lapatan ni na marulaon na badia?
Mangan sagusagu parhitean ni daging ni Tuhanta Jesus Kristus dohot minum anggur parhitean ni mudar ni Tuhanta Jesus Kristus songon na tinonahonNa i tu halak Kristen.

Di dia do tarsurat na songon i?
Songon on do pandok ni si Mateus, si Markus, si Lukas dohot si Paulus, angka na mamaritahon Barita na Uli: "Dibuat Tuhan Jesus Kristus ma sagusagu borngin i uju tarjehe Ibana, didok mauliate, dung i diponggoli ma i, diparlehon ma i tu angka siseanNa huhut ma didok: 'Jalo hamu ma, pangan ma, daginghu do i na nilehon humophop hamu. Bahen hamu ma songon i bahen parningotan di Ahu. Asa dung sun nasida mangan, dibuat ma panginuman i, didok mauliate, dung i ninna ma mandok nasida: 'Jalo hamu ma, sude hamu manginum sian i. Ia panginuman on padan na imbaru ma on, hinorhon ni mudar na niusehon humophop hamu bahen hasesaan ni dosa. Molo hamu manginum songon i, bahen ma i parningotanmu di Ahu'.

Aha do laba ni na mangan dohot minum sisongon i?
Dipaboa Hata i do labana ai ninna do: "Na nilehon humophop hamu bahen hasesaan ni dosa, hangoluan dohot hasonangan marhitehite panganon na badia i. Ai disi hasesaan ni dosa, disi do dohot hangoluan dohot hasonangan".

Hinorhon ni sipanganon dohot siinumon i do na nidokmi?
Ndang na hinorhon ni sipanganon dohot siinumon i, na hinorhon ni Hata i do na mandok: "Na nilehon humophop hamu, dohot na niusehon humophop hamu bahen hasesaan ni dosa". Ai angka hata na mandongani sipanganon dohot siinumon i, i do situan ni sipanganon na badia i, dung i manang ise na porsea di Hata i dapotan hasesaan ni dosa; ai i do pandok ni Hata i.

Ise do na manjalo panganon na badia i sian na ture?
Ia na mangontik sipanganon dohot na mangalinggas daging, ruhut na denggan do i nian, alai manang ise na porsea di Hata i, na mandok na nilehon humophop hamu bahen hasesaan ni dosa, i do na manjalo panganon na badia i sian na ture; Alai manang ise na so porsea, na ganggu roha, i do na so tau dohot majal ai ingkon porsea situtu do roha di Hata i na mandok: "Humophop hamu!"










Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login


Register   Login  

Links: lagu-gereja.com, perkantas, gbi, gkii, gkj, hkbp, misa, gmim, toraja, gmit, gkps, gbkp, Hillsong, PlanetShakers, JPCC Worship, Symphony Worship, Bethany Nginden, Lagu Persekutuan,


Menjual Jamu Terbaik





Kostenlose Backlinks bei http://backl.pommernanzeiger.de Seitenpartner www.condor-bbs.com Rankingcloud.de - Hosting in der Cloud Suchmaschinenoptimierung Kostenloser Auto-Backlink von www.cheers2.de